Sabtu, 28 November 2015

STRATEGI BERMAIN / TRADING SAHAM

STRATEGI BERMAIN / TRADING SAHAM
Dalam bermain saham pemenang bukan orang tertawa belakangan,melainkan dia yg tertawa terus menerus. Sebab kalau baru menang pada saat akhir itu sama saja pertandingan tinju atau sepak bola.
Pendekar pasar modal atau investor bursa saham perlu berupaya senantiasa menang dalam setiap pertarungan . hasil akhir pertarungan dan kemenangan dari waktu ke waktu sepanjang hari sepanjang tahun itulah hasil investasi yang signifikan,karena itulah salah satu strategi bermain saham yang paling berhasil.
1.       PAHAMI SITUASI GLOBAL DAN NASIONAL
2.       PELAJARI PERUSAHAAN PENERBIT SAHAM
-          Usia perusahaan
-          Konservativ VS Agresif
-          Analisis laporan keuangan
-          Pengaruh reputasi direksi
3.       PILIH JENIS USAHA BERDASARKAN MINAT
4.       MENANGKAN PERTIMBANGAN FUNDAMENTAL
5.       MENANGKAN PERTIMBANGAN TECHNIKAL
1.            PAHAMI SITUASI GLOBAL DAN NASIONAL
Andaikata mendengar ada panen raya gandum di sebuah negara yg terkenal sebagai pengexport besar komoditas tersebut . Maka paling tidak harus siap siap melepas sahamnya di karenakan harga akan sangat murah karena telah banyak membanjiri pasar. Sebab di pasar internasional harga akan akan turun.
Andaikata diketemukan tambang baru yg stock emas atau kandungan lainnya sangat banyak maka segeralah membeli saham perusahaan tambang tersebut dikarenakan kuatnya fundamental cadangan komoditas perusahaan tersebut dan dipastikan harga sahamnya akan naik. dan jika di beritakan cadangan tambang perusahaan tersebut sudah habis maka segeralah lepas saham tambang tersebut dikarenakan hilangnya pendapatan dan stock tambangnya menipis.maka harga saham tersebut pasti akan turun
Andaikata  harga minyak dunia cenderung naik apabila musim dingin melanda eropa dan amerika maka dipastikan perusahaan minyak pasti akan naik

2.            PELAJARI PERUSAHAAN PENERBIT SAHAM
- Usia perusahaan menjadi parameter yg menunjukan kemampuan perusahaan menghadapi berbagai krisisi dan lolos. Dan sebaliknya jika perusahaan yang telah lama tetapi tak pernah menghasilkan keuntungan besar. Dalam operasi jangka pendeknya termasuk sangat sedikit membagikan devidennya atau tidak sama sekali juga patut di curigai

- Konservatif dan agresif suatu perusahaan di ibaratkan bergerak dalam percepatan kemampuan tender project dan inovasinya. Atau diam saja tidak mempunya kemampuan inovasi dan jarang mempunyai  tender dalam projectnya itu juga mempengaruhi perusahaan
- Analisis laporan keuangan sama saja kita melihat frequensi  dari  laba/ruginya dan melihat kinerja perusahaan tersebut. Tetapi patut diingat laporan keuangan juga bisa didandani atau laporan palsu itu juga patut di curigai dan hampir pasti di jauhi para investor.
- Pengaruh reputasi direksi bila di jalankan oleh dewan direksi yg berpengalaman dan memiliki rapor yg baik tentu saja mempengaruhi pamor perusahaan tersebut.
3.            PILIH JENIS USAHA BERDASARKAN MINAT
Roh adalah sebagaimana kita mengetahui dan memiliki perusahaan tersebut di pasar modal  dan bukan melulu mencari keuntungan dari selisih harga saham atau istilahnya short trader.
Tetapi tentu saja para investor tau dan mempunyai wawasan tersendiri. Untuk dapat memilih saham saham impian anda kita wajib mengetahui profil emiten dari perusahaan yg ingin sahamnya kita koleksi.
4.            MENANGKAN PERTIMBANGAN FUNDAMENTAL
Fundamental artinya dasar kata tersebut berasal dari kata fundamen yakni dasar dan sesuainya namanya pada hakikatnya harus kokoh kuat dan tak mudah tergoyahkan sehingga apapun yg di bangun diatasnya tahan berdiri lama. Pertimbangan fundamental sangat lah penting karena perusahaan fundamental bekerja sesuai keringat atau kinerjanya bukan dari akrobat rumor atau sejenisnya.
-          SKALA USAHANYA BESAR
-          BERKONSENTRASI PADA BIDANG USAHANYA
-          RELATIF SERING UNTUNG
-          KONSEKUEN MENJADI PERUSAHAAN YANG PUBLIK
-          UNGGUL DI ANTARA PESAING
-          DIKELOLA TOKOH YG BERDEDIKASI
-          USIA PERUSAHAAN CUKUP MATANG
-          MEMILIKI LAPORAN KEUANGAN YG TERUJI

5.            MENANGKAN PERTIMBANGAN TECHNIKAL
Secara umum sebuah technical adalah signal wajib buat trader atau investor untuk kapan masuk atau keluar. Dan jangan pula tergantung oleh sebuah signal dari satu atau dua technical saja.
Keadaan sebuah technical ini harus didalami lebih dari seorang trader dan patuh mengikuti tren yg ada pula.
Saat ada tren dimana Pasar global,index global sedang turun maka segeralah mengikuti signal jual yg ada. Atau CUT LOSE itu yg terpenting





Tidak ada komentar:
Write komentar